Selasa, 06 Juli 2010

Bukan NASI UDUK



Bismillah...

Tadi ingin sekali teriak sekencang-kencangnya
Aaaaaaaaaaaaaaaaaaargggggggggggggghhhhhhhh,
Tulisan hanyalah sebuah tulisan,
yang tidak bisa menggambarkan WARNA dari suara tersebut, dari kencang-pelannya suara, merdu-cemprengnya bahkan bau-wanginya aroma dari mulut ane. Kecuali pada saat ane teriak, ada orang yang disamping ane. Trus ane minta pendapat dari die mengenai teriakan ane. “EEEEEEEEeet daH...siape juga yang mau perhatiin ane teriak??” Tapi sebenarnya bukan itu intinya. Inti dari ane teriak adalah sebuah ekspresi dari perasaan ane yang berkecambuk saat ini, Rasanya campur aduk, duk, duk, duuuuuuuuuk...( Tapi ini sih...Ga’ kaya nasik uduk, kalo dimakan enak...)

Rasanya ingin nangis, ingin teriak, rasa itu kembali datang....

Puncaknya tadi pas menjalankan sholat Dzuhur...

Lepas berdoa, ane sujud lagi dengan durasi yang cukup panjang. Rasanya Nyamaaaaaaaaaan sekali. Segala bentuk perasaan, ane adukan kepada Sang Maha Mendengar & Maha Mengetahui kondisi hambanya. Sempat terbersit di fikiran ane, keinginan untuk mati dalam keadaan sujud kepada Alloh Ta’ala. Setiap diri kita, pasti punya keinginan Mati dalam kondisi yang baik, atau meskipun dalam kondisi jasad yang tidak baik , paling engga’ kamatiannya itu dalam rangka sedang melakukan ibadah kepada Alloh Ta’ala, misalnya menuntut ilmu, bekerja mencari nafkah, menolong orang lain dll.

Blasssssssssshh.., perasaan yang campur aduk tadi terasa lebih nyaman setelah ane selesai sholat tadi.

Sedikit bercerita (mungkin cerita ini bisa ADA or ENGGA’ ADA kaitannya sama perasaan ane sekarang) hehehe, mudah-mudahan ga’ bingung dengan pernyataan ane yang di dalam kurung tadi. ^_*

Mohon disimak...

Setiap kali ane hendak pergi dengan ngendarai motor sendiri untuk pergi mengaji or ketempat lain, slalu ada fikiran “ gimana kalo ane ga’ balik lagi kerumah atau nyawa ane terenggut karena kecelakaan?? “ MasyaAlloh banyak sekali yang belum ane lakukan & bekal ane sangat-sangat sedikit, belum lagi melunasi hutang-hutang ane (hutang cicilan motor, hutang janji mungkin dll) kalo hutang uang, insyaAlloh ane slalu nyatet. Untuk hutang janji, bagi temen-temen yang ane janji untuk kerumah kalian jika ane belum sempat, mohon dianggap impas ye... “Ane mohon diikhlaskan, Please....”

Dalam blog sederhana ini, ane mo’ tulis wasiat ane jika ane mendahului mereka. Untuk orang-orang yang ane sayangi...tapi secara garis besar aje wasiatnya, secara detilnya Tetep Ngadu semuanya kepada Alloh ta’ala

Wasiat untk kedua orang tua ane

” Mama & Bapak, maaafin anakmu yang satu ini yah..... Yang mungkin belum bisa membahagiakan kalian, meskipun setiap kali kita lagi ngumpul dan ngobrol bareng sama kalian, sangat jaaaaaaaaaaaaaarang sekali kalian menampakkan muka yang cemberut, marah or apalah yang membuat raut wajah kalian menjadi menyeramkan, kecuali dalam kondisi yang memang membuat mebuat wajar untuk marah. Anakmu ini selalu menyusahkan kalian, dari mulai ane belum lahir sampai dengan detik ini. Ane tau, masih ada beban dalam fikiran kalian tentang ane. Kadang ane slalu menghindar jika kalian membahas masalah ”pasangan hidup”, ane slalu menjawab bahwa masih belum.

(Awalnya mereka tidak tau mengenai ”Ta’aruf”, tapi setelah ane dan kakak menjelaskan dan mereka mengerti)

Keinginan yang lain adalah ane ingin sekali memberangkatkan mama’&bpk ketanah suci. Ingin sekali ...Ya Robb izinkan mereka mengucapkan doa’ talbiyah di tanah suci Mu Ya Robb...”Labaikallohumma labaik...”... Seandainya ane terlebih dahulu meninggalkan dunia ini sebelum kalian, uang tabungan ane mungkin bisa untuk nambah-nambahin berangkat pergi haji”

Wasiat untuk kakak-kakak & ade

”Ane minta maaf ke kalian, mungkin ane termasuk orang yang bawel & sotoy di rumah. Marah-marah kalo rumah berantakan & kamar mandi ga’ bersih. Habiiiiiiiis, bersihin kamar mandi ko’ nunggu ane pulang dari kosan??? Trus Ane gregtetan ke kalian kalo ada yang susah sholatnya. (untuk salah satu kakak & adek, Please, jaga sholat kalian yah...!!). Maafin ane juga karena Selalu ngotot untuk make motor, maklumlah jatah ane khan Cuma’ sabtu ahad make motor. Tapi ane sayaaaaaaaaang sekali ke kalian, meskipun kadang suka tidak sependapat dengan kalian”

Wasiat untuk Ponakan ane

”Untuk kalian semua ponakan ane yang pintar, manis, cantik & ganteng (cantik kaya’ antenya, hehehehe) yang baru 5 orang & akan nyusul tahun depan (secara kakak ane yang no 2 & 3 sekarang lagi hamil), ante akan sangat kangen dengan kalian. Kangen untuk nangisin kalian (loh ko’ nangisin?) hehehe, habis kalian ngegemesin sih....salah sendiri ko’ jadi orang ngegemesin ^_^ . kangen bacain buku ”Muhammad teladanku”, kangen foto-fot bareng kalian. (sampe-sampe banyak banget koleksi foto ane & ponakan ane yang tersimpan dalam HP&laptop ane, dasar antenya aja yang narsis. Hehehe^_^)

Kalian semua jangan ngelawan umi, abi, mama & papa kalian ya...., jadi anak yang sholeh & sholehah. Jaga sholatnya yah...de’....”

Wasiat untuk Murobiyah ane

”Subhanalloh...ane bersyukur bisa ketemu kalian. Jazakillah atas semua ilmu yang manfaat & berkualitas. Seorang guru yang dengan ikhlas memberikan mimbingannya, seorang motivator yang handal. Menyemangati kami dengan agar kami selalu me,berikan manfaat dimanapun kami berada. Afwan kalo ane suka bandel (mi, Cuma Alloh n kite yang tau ye..bandelnya ane di mana ^_^)”

Wasiat untuk teman, sahabat, kakak kelas, adik kelas, teman rutinan, adik binaan, teman kantor, atasan ane, pokoknya siape aje yang kenal ane

”Ane minta maaaaaaaaaaf sebesar-besarnya jika ada yang tersakiti, dari mulai perkataan ane, sikap ane pokoknya apapun deh.. Afwan yah..., trus bagi teman-teman yang ane masih punya janji sama kalian untk ketemuan or silaturrahim kerumah kalian, afwaaaaaan jika tidak terpenuhi, ikhlasin yeee.....(insyaAlloh mudah-mudahan ane tidak punya hutang duit dari kalian, khusus yang ini ane catat ko’ jika ane punya hutang) Tapi kalo ane juga kelupaan, tolong di ingetin aje ye... & ngomong aje ke saudara ane...or ikhlasin ye....??hehehe, mau nya... Tapi ini serius, Supaya bisa ngeringanin ane nanti di yaumil hisab.. Tolong Ingetin Masalah hutang ye...

Jazakillah untk kalian semua yang sudah banyak memberikan perhatian, kasih sayang , nasihat & menyempatkan sharing dengan ane. Trus yang ga’ kalah penting Jazakillah atas setiap doa yang mungkin terselip nama ane di sela-sela untaian doa indah kalian. Segala kemudahan hidup ane, mungkin salah satunya adalah doa dari kalian yang tulus untuk ane...

” Wahai Saudara-saudaraku, ane sayang & cinta ke kalian karena Cintanya Alloh jua yang mempertemukan kita... Sunggu indah yah ukhuwah itu..., mencintai saudara kita tanpa pamrih, berkorban untuk saudara tanpa mengharap balasan, hanya doa & tatapan dengn penuh kasih sayang saja sudah sangat membahagiakan. Pernah denger khan salah satu hadist Rosululloh saw, yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari sahabat Umar:” Seorang Muslim bersaudara dengan Muslim lainnya. Dia tidak menganiaya, tidak pula menyerahkannya (kepada musuh). Barang siapa yang memenuhi kebutuhan saudaranya, Allah akan memenuhi pula kebutuhannya. Barangsiapa yang melapangkan dari seorang Muslim suatu kesulitan, Allah akan melapangkan baginya satu kesulitan pula dari kesulitan-kesulitan yang dihadapinya di hari kemudian. Barangsiapa yang menutup aib seorang Muslim, Allah akan menutup aibnya di hari kemudian.

Subhanalloh yah…

Pokonya ane mo kasih kalimat untuk kalian semua dengan dua bahasa. Kalo kalimatnye di englishin ”Luv ucoz Alloh” , trus kalo di arabin ”anauhibukifillah” yang artinya ane mencintai kalian karena Alloh. Semoga cintanya abadi yah…ga’ kaya cuaca yang selalu beruba-ubah… Amiiin ya kariim.

Sebenernya sebelum ane meninggalkan dunia ini ada yang ingin sekali ane laksanakan, semoga Alloh Ta’ala mengabulkan. Yaitu menikah, ke tanah suci dengan suami & memberangkatkan haji kedua orang tua. Amiiiiin ya Robb…(Ups, aminnya dalem banget nih…)

Pernah temen bechanda ke ane, “kalo anti suruh milih, mo’ nikah dulu or mo’ haji dulu?”, ane jawab “Amiiiiiiiiiiin , ane mau dua-duanya hehehe” eh die bilang “huh dasar ga’ nyimak pertanyaan nih…, ane bilang pilih mana dulu, Nikah or haji?” trus ane jawab deh “nikah dulu dong karena ane belum sempurna nih…” oh iya, ngomong soal setengah jadi inget kakak ipar ane, Die bilang kalo ane tuh masih setengah. Ane protes aje, enak aje di bilang ane stengah…trus dia lanjutin lagi kalimatnya “kamu itu kalo di ibaratkan seorang yang sedang berjalan kesuatu tempat tapi dengan kondisi fisik yang tidak sempurna. Yang hanya memiliki satu mata yang tidak begitu melihat jelas, satu telinga & setengah hati, jadi harus sangat hati-hati khawatir nyasar. Mending Cuma nyasar, kalo ga’ keliatan ada bahaya di depan mata, Wah...udah deh…berabeh... (dalam hati, bener juga yah ) tapi ditanggepin dengan mulut manyun. Tapi pernah juga waktu ane di tengah-tengah orang yang menikah kebetulan ada yang baru menggenapkan dinnya, trus ane sengaja mo ngechengin dia, ane bilang “cie-cie…yang udah sempurna” awalnya mereka ngikutin ane untk menggoda teman yang baru nikah, tapiiiiii ternyata eh ternyata…semua itu ga’ awet, semua berbalik arah ke ane…udah deh…tanpa ampun mereka melancarkan serangan balik ke ane termasuk teman yang baru nikah…dengan tampang yag penuh kemenangan “hehehe, makannya anti cepetan” huuh,,,,,,lagi-lagi Cuma bisa masang tampang manyun (tapi diem-diem dalam hati berdoa “Ya Robb cepatkanlah jodohku…hahaha ” HUUUUUUUUUUUUSSH, doa ko’ pake ketawa…??? ane ketawa karena temen-temen ane kaga’ tau aje kalo ane doanya kaya’ gitu… ^_^

Oh iya balik lagi kerenungan.., bahwa di dunia hanyalah singgah...ane jadi inget dengan sebuah syair dari Group Nasyid hawari..,

“ Hidup ini Tak kan lama

Ajal datang Nyawa Tiada

Sekarang pasti menimpaaa...Sakitnya tiada terkira

Tinggalkan sanak saudara

Tinggalkan kasih tercinta

Tiada yang menemani, hartapu Tak ikut pergi

Mati pun akan sepi

Bila tak di bekali

Amal sholeh Tiadaaa, Matipun akan sengsara

Ingatlah Kita akan mati

Mati pasti menghampiri

Meskipun kita Sembunyiiii, Tiada yang melindungi

Sudahkah bekal di bawa???

Ilmu dan amal kita???

.......

Nah itu sebagian syair dari hawari tentang kematian, MasyaAlloh yah....Syair yang sangat mengingatkan. ..

Semoga saja kita termasuk orang-orang yang mati dalam keadaan khusnul khotimah, amiiiin ya Robb...

Duh...kaya’nya tulisan ane ini, ngalor ngidul, kaga jelas juntrungannye mo’ kemane... Yah namanya juga Campur aduk mewakili perasaan ane yang kaga’ karuan.

Untuk ane, nulis kaya gini lumayan bisa melegakan kondisi di hati...

Wallohu’alam


1 komentar: