Selasa, 09 Februari 2010

Info Kesehatan nih teman ^_^

Atasi Nyeri Tumit Lewat Peregangan Regimen
Restia Juwita
03/01/2010 17:07 | Kesehatan
Liputan6.com, Rochester: Kondisi "plantar fasciitis", atau jaringan yang meradang dan membengkak pada telapak kaki, dapat menjadi kronis jika tidak diantisipasi, kata Dr Benedict DiGiovanni, seorang professor ortopedi di University of Rochester, seperti dilansir Healthaday, Minggu (3/1).

Berat badan atau menghabiskan banyak waktu berjalan atau berdiri dapat membawa kita pada kondisi seperti ini. Tanda-tanda pertama "plantar fasciitis" biasanya tumit sering merasa kesakitan ketika bangun dari tempat tidur, demikian informasi dalam rilis berita dari American Orthopaedic Foot & Ankle Society.

Jika tidak ditangani, rasa sakit dari plantar fasciitis dapat memperburuk dan mungkin menyebabkan masalah kaki, lutut, pinggang dan punggung akibat perubahan gaya berjalan. "Plantar fasciitis" juga pernah diderita seorang atlet . Quarterback New York Giants, Eli Manning pernah berjuang dengan masalah kondisi di kakinya hampir sepanjang musim.

Untuk mengobati plantar fasciitis, DiGiovanni merekomendasikan langkah awal mereda peradangan, renggangkan daerah yang sakit selama 20 menit, tiga atau empat kali sehari, dan lakukan latihan untuk meregangkan tendon Achilles di bagian belakang tungkai bawah dan plantar fasia, atau jaringan ikat yang mendukung lengkungan kaki.

Peregangan harus dilakukan sebelum bangun dari tempat tidur di pagi hari. Peregangan harus diulangi empat atau lima kali per hari untuk bulan pertama, dan tendon Achilles dua kali sehari, pagi dan sore, jelas DiGiovanni.

Pilihan lain termasuk menggunakan obat anti-inflamasi, atau gunakan sepatu dengan sol yang menyerap goncangan. Dengan mengambil langkah-langkah ini, sekitar 90 persen orang penderita "plantar fasciitis" bisa melihat perubahan yang signifikan dalam waktu dua bulan, kata DiGiovanni.

Jika nyeri berlanjut atau semakin buruk, dokter bedah ortopedi sering menyarankan agar tumit diinjeksi steroid dengan obat anti inflamasi, berjalan dengan gips.(RST/AYB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar